PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Arista Purnama Sari, Sri Wahyuni, Aris Singgih Budiarso
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v8i1.228

Abstract


Pada pembelajaran IPA, siswa dituntut untuk memiliki keterampilan berpikir kritis. Namun, tingkat keterampilan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang kurang bervariasi serta bahan ajar yang kurang inovatif. Dampaknya siswa menjadi pasif dan sukar dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, diperlukan bahan ajar yang dapat mencakup kebutuhan siswa dan menjadi wadah dalam menyalurkan keterampilannya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis blended learning yang valid, praktif, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. E-modul merupakan bahan ajar berbentuk elektronik yang tersusun atas multimedia yang dapat digunakan secara fleksibel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan desain pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis blended learning telah layak digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan hasil validasi, kepraktisan, keefektifan serta reliabilitas dan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam mengimplementasikan materi ke dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


e-modul; blended learning; keterampilan berpikir kritis

References


K.H.O. Rivaldi et al, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA,” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, vol. 2, no. 2, pp. 128-135, 2018

U. Fawaudi, “Penguatan Pendidikan Karakter melalui Praktikum IPA di Sekolah Dasar,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2019 Universitas Muria Kudus, vol. 1, No. 1, pp. 176-180, 2019

R. Iman, “Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Pesawat Sederhana,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 5, No.1, pp. 52-58, 2018

E.P. Lestari et al., “Pengembangan Handout berbasis Guided Note Taking untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Kelas XI SMA Muhammadiyah Purworejo,” SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, vol. 7, No. 2, pp. 111-118, 2021

I.Z. Bilkisda, dan E. Sudibyo, “Pengaruh Pembelajaran E-Learning Edmodo Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Kalor dan Perpindahannya,” Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, vol. 9, No. 2, pp. 193-198, 2021

S. Rohanah et al, “Penerapan Model Blended Learning Berbantu Edmodo untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Impuls dan Momentum di SMAN 4 Kota Serang,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Untirta, vol. 2, No. 1, pp. 141-149, 2019

L.N. Haqiqi et al “Pengembangan Media Pembelajaran Modul Fisika Berbasis Software Sigil Berekstensi EPUB untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis,” SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, vol. 6, No. 2, pp. 125-133, 2020

H. Budiman, “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan,” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, No. 1, pp. 93-98 ,2017

R.A. Putra, “Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, vol. 1, No. 1, pp. 12-19, 2017

K.H. Primayana et al, “Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Minat Outdoor pada Siswa Kelas IV,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, vol. 9, No. 2, pp. 72-79, 2019

N.I Fitriani dan B. Setiawan, “Efektivitas Modul IPA Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 2, No. 2, pp. 71-76, 2017

M.S. Harahap dan R. Fauzi, “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis WEB,” Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan, vol. 4, No. 5, pp. 13-17, 2017

A. Maghfiroh dan G. Gunansyah. “Pengembangan E-Modul Melalui Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Lingkungan Siswa Sekolah Dasar,” JPGSD, vol. 9, No. 2, pp. 1599-1609, 2021

P.M. Nikita et al, “Pembangan E-Modul Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 7, No. 2, pp. 175-180, 2018

R. Sujanem et al, “Efektivitas E-Modul Fisinberma dalam Ujicoba Terbatas untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Singaraja,” Seminar Nasional Riset Inovatif, ISBN 97B, 2018

R.M Branch, Instructional Design The ADDIE Approach, New York: Springer, 1998

Kartono, “Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring di Kelas Tinggi Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Tunas Bangsa, vol. 8, No. 2, pp. 193-205, 2021

C.N. Rohim et al, ”Masalah yang Muncul pada Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Luring di Masa Pandemi,” INNOVATIVE, vol. 2, No. 1, pp. 228-231, 2022

Ahmad, “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, vol. 7, No. 4, pp. 258-264, 2020

Y. Wulandari dan W.E. Purwanto, “Kelayakan Aspek Materi dan Media dalam Pengembangan Buku Ajar Sastra Lama,” Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 3, No. 1, pp. 162-172, 2017

R. Haryadi dan R. Nurmala, “Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains., vol. 7, No. 1, pp. 32-39, 2021

H.A. Nisa et al, “Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Profesional berbasis Gamifikasi terhadap Siswa SMP,” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, vol. 5, No. 2, pp. 13-25, 2020

F. Hervi dan Ristiono, “Modul Elektronik (E-Modul) IPA Bernuansa Emotional Sprititual Quotient (ESQ) mengenai Materi Sistem Reproduksi pada Manusia,” Journal for Lesson and Learning Studies, vol. 4, No. 3, pp. 370-377, 2021

U. Nuha et al, “The Effectiveness of Flipbook and Video to Improve Students’ Critical Thinking Skills in Science Learning during the COVID-19 Pandemic,” Lensa : Jurnal Kependidikan Fisika, vol. 9, No. 1, pp. 32-37, 2021

T. Solihudin, “Pengembangan E-Modul berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika pada Materi Listrik Statis dan Dinamis SMA,” Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, vol. 3, No. 2, pp. 51-61, 2018

D.D. Haking dan Y. Soepriyanto, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD,” JKTP : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 2, No. 4, pp. 320-328, 2019

K. Sa’diyah. “Pengembangan E-Modul berbasis Digital Flipbook untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh di SMA,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, No. 4, pp. 1298-1308, 2021

A.E.Y. Cahyono, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Inisiatif Siswa,” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 12, No. 1, pp. 1-11, 2017

S. Rahmadhani et al, “Penggunaan E-Modul di Sekolah Menengah Kejuruan pada Mata Pelajaran Simulasi Digital,” Jurnal Vokasi Informatika, vol. 1, No. 1, pp. 5-9, 2021

N. Latifah et al, “Pengembangan E-Modul Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik,” JIPS : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, vol. 1, No. 1, pp. 1-7, 2020

D. Wahyuni et al, “Efektivitas E-modul berbasis Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik,” Natural Science : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, vol. 6, No. 2, pp. 180-189, 2020

T. Aprilia, “Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, vol. 14, No. 1, pp. 10-21, 2021

R.F. Turnip et al, “Pengembangan E-Modul Matematika dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis,” JEMS : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, vol. 9, No. 2, pp. 485-498, 2021

H. Rosdiana et al, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada . 1, No. 1, pp. 1-7, 2020

D. Wahyuni et al, “Efektivitas E-modul berbasis Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik,” Natural Science : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, vol. 6, No. 2, pp. 180-189, 2020

T. Aprilia, “Efektivitas Penggunaan Media Sains Flipbook berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, vol. 14, No. 1, pp. 10-21, 2021

R.F. Turnip et al, “Pengembangan E-Modul Matematika dalam meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis,” JEMS : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, vol. 9, No. 2, pp. 485-498, 2021

H. Rosdiana et al, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual pada




Copyright (c) 2022 ARIS SINGGIH BUDIARSO, Sri Wahyuni, Arista Purnama Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait