Bagaimana Menjadi Guru Sains di Era 4.0 bagi Generasi Y dan Z?
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
F. Y. Apsari, M. D. Rama, and E. Prasetyo, “Pemanfaatan Teknologi Bagi Generasi Millenial : Konseling Berbasis Teks Menggunakan Riliv-Aplikasi Android,” J. Exp., vol. 6, no. 1, pp. 45–49, 2018.
S. R. D. Setiawan, “Setelah Millenial dan Gen Z, Muncul Generasi Alpha?,” 2019.
B. Sumintono, “Pembelajaran Sains, pengembangan ketrampilan sains dan sikap ilmiah dalam meningkatkan kompetensi guru,” Al Bidayah J. Pendidik. Dasar Islam, vol. 2, no. 1, pp. 63–85, 2010, [Online]. Available: http://eprints.utm.my/11660/.
A. Khoiri, “Analisis Kritis Pendidikan Sains Di Indonesia: (Problematika, Solusi dan Model Keterpaduan Sains Dasar),” SPEKTRA J. Kaji. Pendidik. Sains, vol. 6, no. 1, p. 19, 2020, doi: 10.32699/spektra.v6i1.132.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2005.
D. Lase, “Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0,” Sundermann J. Ilm. Teol. Pendidikan, Sains, Hum. dan Kebud., vol. 12, no. 2, pp. 28–43, Nov. 2019, doi: 10.36588/sundermann.v1i1.18.
R. Faslah, “Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Konsep IPS dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bermakna,” Econosains J. Online Ekon. dan Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 161–170, 2011, doi: 10.21009/econosains.0092.07.
M. Abduh, “Interaksi pada pendekatan saintifik (kajian teori scaffolding),” in Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 2017, pp. 307–318.
Musfiqon and Nurdyansyah, Pendekatan Pembelajaran Sainstifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015.
Fahmi, “Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk,” in Conference: Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Beripikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA,” 2017, no. September 2016, pp. 121–128.
A. Kadir, “Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah,” Din. Ilmu, vol. 13, no. 1, pp. 17–38, 2013, [Online]. Available: http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/20.
H. Gardner and T. Hatch, “Multiple Intelligences Go to School: Educational Implications of the Theory of Multiple Intelligences,” Educ. Res., vol. 18, no. 8, pp. 4–10, 1989, doi: 10.3102/0013189X018008004.
M. Zhou and D. Brown, Educational Learning Theories, 2nd ed. 2017.
S. Andriyani, “Implementasi Strategi Multiple Intelligences pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus di SD Inklusi Semai Jepara),” At-Tarbawi J. Kaji. Kependidikan Islam, vol. 2, no. 2, p. 121, 2017, doi: 10.22515/attarbawi.v2i2.829.
T. Musfiroh, Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.
M. J. Koehler, P. Mishra, and W. Cain, “What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?,” J. Educ., vol. 193, no. 3, pp. 13–19, 2013, doi: 10.1177/002205741319300303.
D. Yunanto, S. Herlina, S. Boediono, A. Pravita, and M. S. Fajri, “Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0,” Kemenristekdikti, vol. 8, no. I, Jakarta, pp. 1–56, 2018.
T. Andriani, “Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi,” Sos. Budaya Media Komun. Ilmu-Ilmu Sos. dan Budaya, vol. 12, no. 1, 2015.
M. M. Pandie and I. T. J. Weismann, “Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar,” J. Jaffray, vol. 14, no. 1, pp. 43–62, 2016, doi: 10.25278/jj.v14i1.188.43-62.
H. Sulistyaningrum, A. Winata, and S. Cacik, “Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 5, no. 1, p. 142, 2019, doi: 10.29407/jpdn.v5i1.13068.
A. Yaqin, “Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Sains (Biologi) Berdasarkan Pemikiran Ian G. Barbour,” SPEKTRA J. Kaji. Pendidik. Sains, vol. 6, no. 1, p. 78, 2020, doi: 10.32699/spektra.v6i1.119.
A. R. Anis Rahmawati, “Integrasi Sains Islam Penggunaan Jejaring Sosial Dalam Pembentukan Karakter Siswa,” SPEKTRA J. Kaji. Pendidik. Sains, vol. 4, no. 1, p. 49, 2018, doi: 10.32699/spektra.v4i1.45.
Copyright (c) 2021 Panggih Priyambodo, Wulandari Saputri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |