Bagaimana Menjadi Guru Sains di Era 4.0 bagi Generasi Y dan Z?

Panggih Priyambodo, Wulandari Saputri
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v7i2.217

Abstract


Proses pembelajaran sains di era 4.0 bagi generasi Y dan Z membutuhkan perhatian khusus mengingat kedua generasi ini memiliki karakteristik yang relatif berbeda dengan generasi sebelumnya. Kedua generasi ini memiliki kehidupan yang sangat akrab dengan teknologi namun kurang dalam hal bersosialisasi. Pembelajaran sains di era 4.0 tidak boleh hanya menekankan pada aspek pengetahuan, tetapi juga memiliki keterampilan hidup di abad 21. Hal ini sebagaimana hakikat sains itu sendiri yang meliputi produk, proses, dan pendekatan nilai, sikap, serta keterampilan. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjadi guru sains di Era 4.0 bagi generasi Y dan Z di antaranya: (a) menerapkan pembelajaran sains berpendekatan saintifik, (b) mengupayakan pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), (c) mengembangkan pembelajaran berbasis teori multiple intelligences, (d) mengkolaborasikan pembelajaran dengan teknologi informasi, dan (e) mengintegrasikan pembentukan karakter dalam proses pembelajatan. Selain itu, guru sains era 4.0 juga harus memiliki kompetensi berikut, di antaranya: (a) educational competence, (b) competence for technological commercialization, (c) competence in globalization, (d) competence in future strategies, dan (e) conselor competence, Penerapan pembelajaran dan penguasaan kompetensi tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan generasi Y dan Z.

Keywords


era 4.0; guru sains; kompetensi guru; pembelajaran sains

Full Text:

PDF

References


F. Y. Apsari, M. D. Rama, and E. Prasetyo, “Pemanfaatan Teknologi Bagi Generasi Millenial : Konseling Berbasis Teks Menggunakan Riliv-Aplikasi Android,” J. Exp., vol. 6, no. 1, pp. 45–49, 2018.

S. R. D. Setiawan, “Setelah Millenial dan Gen Z, Muncul Generasi Alpha?,” 2019.

B. Sumintono, “Pembelajaran Sains, pengembangan ketrampilan sains dan sikap ilmiah dalam meningkatkan kompetensi guru,” Al Bidayah J. Pendidik. Dasar Islam, vol. 2, no. 1, pp. 63–85, 2010, [Online]. Available: http://eprints.utm.my/11660/.

A. Khoiri, “Analisis Kritis Pendidikan Sains Di Indonesia: (Problematika, Solusi dan Model Keterpaduan Sains Dasar),” SPEKTRA J. Kaji. Pendidik. Sains, vol. 6, no. 1, p. 19, 2020, doi: 10.32699/spektra.v6i1.132.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2005.

D. Lase, “Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0,” Sundermann J. Ilm. Teol. Pendidikan, Sains, Hum. dan Kebud., vol. 12, no. 2, pp. 28–43, Nov. 2019, doi: 10.36588/sundermann.v1i1.18.

R. Faslah, “Pemanfaatan Internet Dalam Pengembangan Konsep IPS dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bermakna,” Econosains J. Online Ekon. dan Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 161–170, 2011, doi: 10.21009/econosains.0092.07.

M. Abduh, “Interaksi pada pendekatan saintifik (kajian teori scaffolding),” in Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 2017, pp. 307–318.

Musfiqon and Nurdyansyah, Pendekatan Pembelajaran Sainstifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015.

Fahmi, “Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk,” in Conference: Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Beripikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA,” 2017, no. September 2016, pp. 121–128.

A. Kadir, “Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah,” Din. Ilmu, vol. 13, no. 1, pp. 17–38, 2013, [Online]. Available: http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/20.

H. Gardner and T. Hatch, “Multiple Intelligences Go to School: Educational Implications of the Theory of Multiple Intelligences,” Educ. Res., vol. 18, no. 8, pp. 4–10, 1989, doi: 10.3102/0013189X018008004.

M. Zhou and D. Brown, Educational Learning Theories, 2nd ed. 2017.

S. Andriyani, “Implementasi Strategi Multiple Intelligences pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus di SD Inklusi Semai Jepara),” At-Tarbawi J. Kaji. Kependidikan Islam, vol. 2, no. 2, p. 121, 2017, doi: 10.22515/attarbawi.v2i2.829.

T. Musfiroh, Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka, 2010.

M. J. Koehler, P. Mishra, and W. Cain, “What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)?,” J. Educ., vol. 193, no. 3, pp. 13–19, 2013, doi: 10.1177/002205741319300303.

D. Yunanto, S. Herlina, S. Boediono, A. Pravita, and M. S. Fajri, “Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0,” Kemenristekdikti, vol. 8, no. I, Jakarta, pp. 1–56, 2018.

T. Andriani, “Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi,” Sos. Budaya Media Komun. Ilmu-Ilmu Sos. dan Budaya, vol. 12, no. 1, 2015.

M. M. Pandie and I. T. J. Weismann, “Pengaruh Cyberbullying Di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar,” J. Jaffray, vol. 14, no. 1, pp. 43–62, 2016, doi: 10.25278/jj.v14i1.188.43-62.

H. Sulistyaningrum, A. Winata, and S. Cacik, “Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD,” J. Pendidik. Dasar Nusant., vol. 5, no. 1, p. 142, 2019, doi: 10.29407/jpdn.v5i1.13068.

A. Yaqin, “Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Sains (Biologi) Berdasarkan Pemikiran Ian G. Barbour,” SPEKTRA J. Kaji. Pendidik. Sains, vol. 6, no. 1, p. 78, 2020, doi: 10.32699/spektra.v6i1.119.

A. R. Anis Rahmawati, “Integrasi Sains Islam Penggunaan Jejaring Sosial Dalam Pembentukan Karakter Siswa,” SPEKTRA J. Kaji. Pendidik. Sains, vol. 4, no. 1, p. 49, 2018, doi: 10.32699/spektra.v4i1.45.




Copyright (c) 2021 Panggih Priyambodo, Wulandari Saputri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait