Spektrum Cahaya Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Praktikum Fisika

Lusiana dewi, Makrifatul Hasanah, Nugroho Prasetya Adi
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v7i2.216

Abstract


Spectrometer merupakan instrument yang digunakan untuk mengamati dan mengukur sudut deviasi cahaya datang yang dikarenakan pembiasan dan dispersi oleh medium. Spectrometer pada umumnya berfungsi untuk menganalisis cahaya yang datang dari sumber cahaya dengan menggunakan kisi difraksi dalam proses penggunaan nya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis kuantitatif dengan membandingkan hasil analisis alat dengan persamaan matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan alat pengukur panjang gelombang cahaya serta mengetahui pengaruh variasi merk dan daya lampu, celah kolimator, dan jarak teleskop terhadap hasil pembiasan cahaya oleh prisma. Hasil penelitian menunjukkan telah dihasilkan alat spectrum cahaya serta tidak terdapat pengaruh antara hasil pembiasan dengan variasi merk dan daya lampu, celah, dan jarak teleskop.


Keywords


Spektrometer, Cahaya

References


Setiawan, Agung et al. (2012). Metode Praktikum dalam Pembelajaran Pengantar Fisika SMA: Studi pada Konsep Besaran dan Satuan Tahun Ajaran 2012 – 2013. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 1 No 3, 285 – 290.

Sarjono. (2018). Pentingnya Laboratorium Fisika di SMA/ MA dalam Menunjang Pembelajaran Fisika. Jurnal Madaniah, Vol 8 No. 2, 262 – 271.

Setyaningrum, R. Sriyono & Ashari. (2013). Efektivitas Pelaksanaan Praktikum Fisika SIswa SMA Negeri Kabupaten Purworejo. Jurnal Radiasi, Vol 3 No. 1, 83 – 86

Zahro, D. F. (2015). Penentuan Konstanta Sellmeir dan Konstanta Cauchy Minyak Kelapa Sawit Pada Berbagai Temperatur Menggunkan Spektrometer Prisma. Skripsi Jurusan Fisika Universitas jember, 9-30.

Rosmadi. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V SDN Habau Tahun Pelajaran 2016/207. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 39.

Yohan, Astuti, F. & Wicaksana, A. (2018). Pembuatan Spektrofotometer Edukasi untuk Analisis Senyawa Pewarna Makanan. Jurnal Chemica et Natura Acta, Vol 6, No 3. 111-115

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Naomi, et al. (2018). Keefektifan Spektrum Cahaya Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kacang Hijau (Vigna Radiata). Jurnal Gravity, Vol 4 No 2. 93-102

Winingsih, P. H. (2015). Rancang Bangun Laser untuk Pembelajaran Optika dalam ua, S. K. (2015). Pengukuran Indeks Bias Prisma Memanfaatkan Prinsip Deviasi Maksimum. Skripsi Pendidikan Fisika Sanata Dharma, 7.Menentukan Indeks Bias dan Difraksi Kisi. Jurnal Science Tech , 77.




Copyright (c) 2021 Lusiana dewi, Makrifatul Hasanah, Nugroho Prasetya Adi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait