Penilaian Kemampuan Representasi Grafik Mahasiswa pada Konsep Gerak Parabola Berbantuan Video Simulasi Software Modellus

Fitria Nur Rahma, Eko Setyadi Kurniawan
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v7i2.215

Abstract


Penggunaan grafik pada sajian data sebuah eksperimen berperan penting dalam proses penerimaan informasi dan pengambilan solusi dalam sebuah permasalahan. Pada pengamatan sejauh ini, mahasiswa masih kesulitan merepresentasikan sebuah grafik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami kesulitan mahasiswa dalam mengintepretasikan grafik dan menemukan solusi permasalahan. Untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengintepretasikan grafik, digunakan salah satu media pendukung yaitu software Modellus. Salah satu simulasi sederhana yang dapat dibuat adalah gerak parabola. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrument berupa soal pre-test dan soal post-test. Penilaian kemampuan mahasiswa dalam merepresentasikan grafik berada dalam kategori cukup dengan persentase sebesar 64,64%. Setelah diberikan video simulasi gerak parabola dengan software modellus, penilaian kemampuan mahasiswa dalam merepresentasikan grafik meningkat sebesar 16,36% sehingga menjadi 81,0%. Penilaian kemampuan mahasiswa setelah diberikan video simulasi gerak parabola dapat dikatakan baik.

Keywords


representasi; grafik; simulasi; Modellus

References


Maulyda, M. A., Hidayanto, E., & Swasono. (2019). Deskripsi Representasi Grafik Fungsi Trigonometri Mahasiswa Berbantuan Media Geogebra. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1249—1254.

Fatmaryanti, S. D., & Sarwanto. (2015). Profil Kemampuan Representasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. JPFK, 1(1), 20-22.

Masrifah, A Setiawan, P., & Setiawan, W. (2018). Investigasi Kemampuan Representasi Grafik Mahasiswa Fisika pada Konsep Hukum Newton. Jurnal Ilmiah MIPA Saintifik@, 3(2), 56-63.

Bunawan, W. et al. (2015). Penilaian Pemahaman Representasi Grafik Materi Optika Geometri Menggunakan Tes Diagnostik. Cakrawala Pendidikan, 257-267.

Subali, B. et al. (2015). Analisis Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015) (pp. 269-272). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Finnajah, M., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA berbasis Multi Representasi guna Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Prembun. Jurnal Radiasi, 22-27.

Pramudia, R. P., & Agustin, A. A. (2018). Pemahaman Konsep Fisika pada Materi Termodinamika Mahasiswa Pendidikan Fisika Melalui Representasi Grafis. JRPF (Jurnal Riset Pendidikan Fisika), 3(1), 8-14.

Selamet. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Verbal, Matematika, Gambar dan Grafik (R-Vmgg) Siswa SMAN Pasirian pada Materi Termodinamika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika. 3, pp. 144-148. Jember: Universitas Jember.

Marpaung, N., Liliasari, & Setiawan, A. (2016). Identifikasi Kemampuan Multipel Representasi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS (pp. 445-449). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Nanjanee, L., Zulfa, H. I., & Alkomah. (2017). Percobaan Gerak Parabola dengan Papan. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 188-197.

Perdana, R., Subiyantoro, C., & Anggraini, L. (2019). Sikap dan Motivasi pada Mata Pelajaran Fisika. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 178-188.

Rahayu, N. T., Fatmaryanti, S. D., & Pratiwi, U. (2021). Perancangan Alat Peraga Tumbukan Menggunakan Sensor Ultrasonik HC-SR04 Berbasis Multirepresentasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 1 - 8.

Rochimah, S., Fatmaryanti, S. D., & Nurhidayati. (2018). Pengembangan Handout Logan Avenue Problem Solving (LAPS-Heuristik) Bermuatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Simbolik Peserta Didik Kelas XI. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 59-65.

Suryana, M. Y., Denny Muchtar, Y. R., & Guntara, Y. (2021). Pengembangan Physics stories untuk Memfasilitasi Keterampilan Literasi Sains pada Materi Sumber Energi. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 21-31.

Suryaningsih, T., Fatmaryanti, S. D., & Al-Hakim, Y. (2016). Pengembangan Modul Kemagnetan Berbasis Guided Inquiry Untuk meningkatkan Kemampuan Representasi Mahasiswa Semester 2 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 81-85.

Susilawati, & Ishafit. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inquiry Learning Berbantuan Media Simulasi dengan Modellus pada Pokok Bahasan Gerak Melingkar Beraturan. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 29 - 34.




Copyright (c) 2021 Fitria Nur Rahma, Eko Setyadi Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait