PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEKANIKA BERBASIS PBL UNTUK MENYONGSONG REVOLUSI INDUSTRI 5.0

Eko Juliyanto, Eli Trisnowati
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v7i2.208

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah (problem solving) mengambil peran penting pada revolusi industry 5.0. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih problem solving adalah pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning (PBL). Salah satu mata kuliah di program studi Pendidikan IPA yang dapat digunakan untuk pengembangan LO problem solving adalah mata kuliah mekanika. Bahan kajian mekanika berkaitan dengan gerak benda yang banyak berkaitan dengan dunia nyata dan kehidupan sehari-hari mahasiswa, sehingga lebih mudah untuk menyusun bahan ajar berbasis problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis model pembelajaran problem based learning (PBL). Dengan tersusunnya bahan ajar tersebut diharapkan dapat melatih mahasiswa kemampuan problem solving yang mana sangat dibutuhkan dalam menghadapi revolusi industry 5.0. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Pada penelitian ini tahap pengembangan sampai pada tahap validasi bahan ajar oleh ahli. Instrumen yang digunakan untuk melakukan validasi adalah lembar validasi. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa ada indikator PBL yang kurang baik dilaksanakan, yaitu penyelidikan individu maupun kelompok (dengan skor 2.43 dari 4.00), serta analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah mahasiswa oleh dosen (dengan skor 2.49 dari 4.00). Karateristik buku ajar berbasis PBL yang mampu menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah era revolusi industri 5.0 adalah dengan menyajikan permasalahan nyata yang ada dalam kehidupan sehari-hari dengan tipe pertanyaan terbuka. Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa materi yang disusun pada buku ajar mekanika yang dikembangkan sangat baik dengan skor total rata-rata 3.64 dari skor maksimum 4 dengan katagori sangat baik. Hasil validasi ahli pengembangan buku ajar menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan memiliki katagori sangat baik dengan skor 3.38 dari nilai maksimum 4. Luaran yang telah dihasilkan dalam penelitian ini adalah publikasi dalam jurnal nasional ber-ISSN yang sudah di-accepted dan draf bahan ajar mata kuliah mekanika.

Keywords


Bahan Ajar Mekanika; PBL; Revolusi Industri 5.0

References


Buhr D. 2017. Social Innovation Policy for Industry 4.0. Publisher: Division for Social and Economic Policies, Friedrich-Ebert-Stiftung. 24 pp. http://library.fes.de/pdffiles/wiso /11479.pdf

Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R., 2003. Educational Research an Education Seventh Edition. NY: Pearson Education, Inc, 2003.

German standardization roadmap Industry 4.0. Version 2. https://www.din.de/blob/65354/f5252239daa596d8c4d1f24b40e4486d/roadmap-i4-0-e-data.pdf

Glazer, E. 2001. Problem based instruction. In M. Orey (Ed.), Emerging perspective on learning, teaching, and technology. Diambil dari http//www.coe.uga.edu/epltt/ProblemBasedInstruct.htm.

Kagermann H., Lukas W., dan Wahlster W. 2011. Industrie 4.0: Mit dem Internet der Dinge auf dem Weg zur 4. Industriellen Revolution. VDI nachrichten, Nr.13.

Listianti, R.Hidayata, A., & Maspupah, M. 2017. Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving Dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 7(1), 15-26.

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33-44.

Nirmala, J. 2016. Super Smart Society: Society 5.0. RoboticsTomorrow. https://www.roboticstomorrow.com/article/2016/09/super-smart-society-society-50/8739.

Skobelev, P. O., & Borovik, S. Y. 2017. On The Way From Industry 4.0 to Industry 5.0: from Digital Manufacturing to Digital Society. International Scientific Journal Industry 4.0, 2(6), 307-311.

Society 5.0: Japan's digitization (http://www.cebit.de/en/newstrends/news/society-5-0-japans-digitization-779).

Supiandi, M. I., & Julung, H. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.

Utami, R. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Langkah PenyelesaianBerdasarkan Polya dan Krulik-Rudnick Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1): 81-96.

Vittikh, V.A. 2015. Evolution of Ideas on Management Processes in the Society: From Cybernetics to Evergetics. Group Decision and Negotiation. September 2015, Volume 24, Issue 5, pp.825–832 https://doi.org/10.1007/s10726-014-9414-6.

Widodo, C. dan Jasmadi. 2008. Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




Copyright (c) 2021 eko julianto, Eli Trisnowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait