PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH PURWREJO


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan handout berbasis guided note taking, 2) mengetahui respon peserta didik, 3) mengetahui peningkatan berpikir kritis setelah setelah menggunakan handout berbasis guided note taking kelas XI SMA Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R and D). Tahapan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Borg & Gall yang disederhanakan menjadi 5 langkah meliputi: 1) penelitian pendahuluan, 2) pengembangan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba, 5) produk akhir. Hasil penelitian ini adalah: 1) handout berbasis guided note taking yang sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas XI SMA berdasarkan penilaian Dosen ahli sebasar 93,7%, 2) respon peserta didik tinggi berdasarkan skor persentase rata-rata respon peserta didik terhadap handout berbasis guided note taking sebesar 81%, 3) handout berbasis guided note taking mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai standad gain sebesar 0,655 dalam kategori sedang.

Keywords


Handout; Guided Note Taking; Kemampuan Berpikir Kritis

References


E. W. Priawasana, "Peningkatan kemampuan Berfikir Kritis Dengan," Madrosatuna: Journal of Islamic, vol. 3, no. 1, pp. 49-58, 2019.

H. &. C. A. D. Setiawati, "The International Journal," Empowering Critical Thinking Skills Of, vol. 4, no. 5, p. 3521–3526, 2017.

&. H. L. Hairida, "Improving Student’s Critical Thinking Skills Through," USEJ Unnes Science Education Journal, vol. 6, no. 2, p. 1561–1566, 2017.

A. Z. S. &. I. S. E. Kusumaningtias, "Pengaruh Problem Based Learning dipadu Strategi Numbered Heads Together," Jurnal Penelitian Kependidikan, vol. 23, no. 1, pp. 33-47, 2013.

Y. B. R. &. M. R. Ariyana, Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, yogyakarta: Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan dan Kebudayaan, 2018.

S. &. D. C. A. Ramidah, "Learning Strategy Equalizing Students’Achievement, Metacognitive, and Critical Thinking Skills," American Journal of Educational Research, vol. 2, no. 8, p. 577–584, 2014.

Y. W. Siti Roziqiyah, "Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking (GNT) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Kelas X Sma Negeri 1 Jetis," E-Journal Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 4, 2017.

M. L. Silberman, Active Learning 101 Cara Belajar Aktif, Bandung: Nusa Media, 2013, pp. 132-133.

N. S. Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2009.

W. R. G. M. D. G. J. P. Borg, Education Research: An Introduction, New York: Pitman Publishing, 1989.

Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito, 2005.

E. &. D. Metlzer, "The Relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A Possible hidden variable in diagnostic pretest score.," American Journal Physics, vol. 70, no. 12, pp. 1259-1268, 2002.




Copyright (c) 2021 ENDAH PUJI LESTARI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait