PROFIL SCIENCE MOTIVATION SISWA SMP SE- KECAMATAN PETARUKAN

Tokoh Bayu Andika, Dianita Rokhmiati Ning, Ghina Amalia Dessy, Sidon Dina Agustina, Feny Roshayanti
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v7i1.157

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Science Motivation Siswa se – Kecamatan Petarukan. Disain penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP Se- Kecamatan Petarukan dari 4 sekolah yang dipilih, masing-masing sekolah diambil kurang lebih 30 orang siswa, sehingga total sampel yang diteliti ada 118 siswa. Cara penentuan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan cluster random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa angket SMQ II yang berfokus pada aspek value of carier dan science motivation quasionare. Angket value of carier berisi 10 pertanyaan dengan pilihan jawaban ya atau tidak, Sedangkan aspek Science Motivation Questionnaire (SMQ) terhadap belajar IPA terdiri dari 25 butir pertanyaan dengan skor maksimal setiap butir pertanyaan adalah 5. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata – rata skor masing –masing sekolah 101,99. Prosentase hasil angket Science Motivation dan Value of Carier siswa sebesar 100.00 %. Dilihat dari aspek Science Motivation siswa didapat rata-rata skor 8,43. Aspek Sceince Motivation Quissation didapat rata – rata skor 93,55. Science Motivation siswa didasari dari motivasi guru saat proses pembelajaran dan alasan pemilihan pekerjaan.


Keywords


Science Motivasi siswa;Value of Carier;Science Motivation Quassionaire

References


Osman ,K.,Ikhsan, Z.H & Halim,L. 2007. Sikap terhadap sains dan sikap saintifik dikalangan pelajar sains . Jurnal Pendidikan , 32, 39 – 60

Rosantikan, Indah Purwaningrun, Prasetiyo. 2016. Profil Science Motivation siswa SMP Negeri se- Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional

Istiani, L. D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Together Menggunakan Teka-teki Silang (TTS) Terhadap Motivasi Belajar Siswa. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 2(2), 169-175

Perdana, R., Subiyantoro, C., & Anggraini, L. (2019). Sikap dan Motivasi pada Mata Pelajaran Fisika. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2), 178-187

Uno B. Hamzah, 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta : PT Bumi Aksara

Said, Ali Dkk, 2016, Potret Awal Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals ) di Indonesia, Badan Pusat Statistisk, Jakarta.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar , Jakarta. Rajawali Press.

Sugiono. 2017. Metode Penilitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta, CV.




Copyright (c) 2021 Tokoh Bayu Andika, Dianita Rokhmiati Ning, Ghina Amalia Dessy, Sidon Dina Agustina, Feny Roshayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait