PENGEMBANGAN MEDIA STUDENT WORKSHEET IPA BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Winarto Winarto, Lutfianingsih Lutfianingsih, Dwi Hesty Kristyaningrum
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v6i1.138

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan pendekatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan bahan ajar yang belum bervariatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media student worksheet berbasis pendekatan inkuiri terbimbing untuk siswa kelas V pada mata pelajaran IPA yang efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4D dari Thiagarajan (1974). Teknik sampel yang digunakan yaitu purpossive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan uji banding Independent T-Test. Hasil penelitian diperoleh (1) student worksheet IPA berbasis inkuiri terbimbing layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media, materi dan respon siswa sebesar 4,85, 4,78 dan 4,45 dengan kategori sangat baik. (2) Student worksheet IPA berbasis inkuiri terbimbing efektif digunakan ditunjukkan dari hasil uji t-test diperoleh nilai thitung 4,027 dengan signifikansi 5% dan ttabel adalah 1,711

 


Keywords


Pengembangan, Student Worksheet, Pendekatan, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

References


Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. (P. R. Persada, Ed.). Depok.

Awe, E. (2016). Pengembangan LKS menggunakan Pendekatan Saintifik pada subtema Bermain di Rumah Teman untuk siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Kalasan 1. Universitas Sanata Dharma.

Bakkidu, N., & Sumartini. (2014). Pemanfaatan Multi Media dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidik INSANI, 16(1), 47–53.

Bilgin, I. (2009). The Effects of Guided Inquiry Instruction Incorporating a Cooperative Learning Approach on University Students’ Achievement of Acid and Bases Concepts and Attitude Toward Guided Inquiry Instruction. Scientific Research and Essay, 4(10), 1038—1046.

Daryanto. (2012). Media Pembelajaran Peranannya. Bandung: Satu Nusa.

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sedia, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasa, 1–6.

Falahudin, I., Indah, W., & Ayu, P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Jurnal Bioilmi, 2(2), 92–101.

Herman, A. (2015). Pengembangan LKPD Fisika Tingkat SMA Berbasis Keterampilan Proses Sains. In rosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF.

Isnanto, Dedi. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Kontkstual Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (1), 3015–3024.

Iswatun. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan, 3(2), 150–160.

Kurniawati, I. D., Wartono., & Diantoro, D. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1), 36— 46.

Mustofa, M. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Observasi pada Taman Sekolah sebagai Sumber Belajar Sains di SDN 1 Tinjomoyo. Universitas Negeri Semarang.

Ningtyas, T. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Metode Percobaan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di Sekolah Dasar. Universitas PGRI Yogyakarta.

Nworgu, L. N., & Otum, V. V. (2013). Effect of Guided Inquiry with Analogy Instructional Strategy on Students Acquisition of Science Process Skills. Journal of Education and Practice, 4, 35–40.

Paidi. (2007). Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry pada Pembelajaran Biologi.

Panasan, M., & Prasart, N. (2010). Learning Outcomes of Project-Based and Inquiry Based Learning Activities. Journal of Social Sciences, 6, 252–255.

Pradianti, E. R. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Daur Hidup Beberapa Hewan di Lingkungan Siswa Kelas IV SDN 1 Kalibatur Tahun Pelajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia, 1(2), 1–15.

Praptiwi, L., Sarwi., & Handayani, L. (2012). Efektifitas Model Pembelajaran Eksperimen Inkuiri Terbimbing Berbantuan My Own Dictionary untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Unjuk Kerja Siswa SMP RSBI. Unnes Science Education Journal, 1(2), 86—95.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Rohima, D. K. (2010). Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMP Shalahuddin Malang. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Safitri, H. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing Subtema Gaya dan Gerak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Darun Najah Pagak Pasuruan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Septiana,Dwi,dkk. (2013).Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Inteligensces pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan, Unnes Journal Of Biology Education, 2(3):359-365.

Sudana. (2016). Pendidikan IPA SD. Singaraja: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Sudarsa, I. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan LKS Terhadap Pemahaman Konsep Kimia ditinjau dari Motivasi Berprestasi. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 6, 15–21.

Sugihartono, Fathiyah, K. N., Harahap, F., S, A., & N, S. R. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyowati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Science,Technology, Engineering And Mathematic Materi Gelombang Bunyi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP. Universitas Lampung.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prendamedia Group.

Tangkas, I. M. (2012). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura. Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif. Jakarta: Kencana Prendamedia Group.

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, R. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Kegiatan Laboratorium terhadap Motivasi Belajar dan Ketrampilan Berpikir Peserta Didik SMP. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuliansah, M. (2014). Pengaruh Penggunaan LKS Terhadap Hasil Belajar Sains di SDN No. 25/1 Kampung Baru. Universitas Jambi.




Copyright (c) 2020 Winarto Winarto, Lutfianingsih Lutfianingsih, Dwi Hesty Kristyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait