KONSEP GAYA TARIK (GRAVITASI) DALAM PERSPEKTIF AL-QURAN DAN SAINS (KAJIAN SURAT AL-HAJJ AYAT 65

Mukhotob Hamzah, Badriyatul Muniroh
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v2i2.13

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui gaya Gravitasi menurut perspektif sains. Tujuan penelitian dirinci untuk: 1) mengetahui gaya Gravitasi menurut perspektif Al Quran, 2) mengetahui aplikasi gaya tarik (gravitasi), 3) menurut perspektif Al-Quran dan sains dalam pembelajaran fisika SMA.Penelitian adalah semua kegiatan pencarian, penyelidikan, dan percobaan secara alamiah dalam suatu bidang tertentu, untuk mendapatkan fakta-fakta atau prinsip-prinsip baru yang bertujuan untuk mendapatkan pengertian baru dan menaikkan tingkat ilmu serta teknologi.
Kegiatan penyelidikan memerlukan asas pengaturan, yakni usaha untuk menghimpun dan menemukan hubungan-hubungan antara fakta yang diamati secara seksama. Suatu penelitian telah dimulai apabila seseorang berusaha untuk memecahkan suatu masalah, secara sistematis dengan metode ilmiah.
Melalui telaah pustaka banyak kesamaan yang ditemukan pada penjelasan ilmuwan fisika dengan al-Quran tentang gravitasi. Gravitasi salah satu hukum alam ciptaan-Nya, yang kita pikirkan dan syukuri. Dilain pihak, teori gravitasi yang diungkapkan oleh ilmuwan memiliki hubungan yang sangat serasi walaupun sebagian kecil tidak di jelaskan dalam al-Quran secara rinci, tetapi secara garis besar telah tertulis. Kita tidak akan pernah ragu lagi bahwa apa yang ada di bumi ini adalah hasil ciptaan Sang Kuasa (Rabb), bukan karena ada dengan sendirinya atau hasil dari karya manusia. Al-Quran memberikan dorongan kepada manusia untuk bekerja keras dalam menyelidiki hukum-hukum alam dan mengambil manfaatnya.


Kata kunci: Konsep Gaya Gravitasi, Surat Al-Hajj Ayat 65

Keywords


Konsep Gaya Gravitasi; Surat Al-Hajj Ayat 65

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2017 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains



Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait