Religiusitas Siswa dan Sikap Siswa pada Mata Pelajaran Fisika

Nurdatul Jannah, Anna Farlina, Nirmala Sari
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v6i1.125

Abstract


Religiusitas ialah suatu karakter yang berperan penting pada sikap yang akan ditunjukkan seseorang, terutama siswa dalam mata pelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara religiusitas siswa terhadap sikap siswa dalam mata pelajaran Fisika. Desain penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitaf asosiatif dengan rancangan penelitiannya adalah korelasional. Sampel berjumlah 121 siswa SMA Negeri 10 Batanghari dengan teknik pengambilan sampel berupa total sampling. Instrument yang digunakan yaitu angket. Data penelitian yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan religiusitas dan sikap siswa di SMA Negeri 10 Batanghari berkategori baik. Religiusitas dan sikap siswa dalam mata pelajaran Fisika diketahui memiliki hubungan yang sangat kuat dengan tingkat hubungan sebesar 0.981


Keywords


religiusitas; sikap; fisika; sekolah menengah atas

References


Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. 2016. Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145-155.

Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R. & Pathoni, H. 2019. Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal. 8(1).

Khoiruddin, M. A., & Sholekah, D. D. 2019. Islamic Religion Education Implementation In Forming Student Religious Characters. Jurnal Pedagogik, 06(01),

Listrianti, F. 2019. Urgensi Pendidikan Karakter Di Min 1 Probolinggo. Jurnal Pedagogik. 6(1).

Halimah, S. 2017. Integrasi nilai-nilai Agama dan karakter dalam kurikulum peniddikan Guru mengacu KKNI dan SNPT, Jurnal Tarbiyah, 24(2).

Nadzir, A. I., & Wulandari, N.W. 2013. Hubungan Religiusitas Dengan Penyesuaian Diri Siswa Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi Tabularasa, 8(2), 698-707.

Abdulfatah, M. R., Widodo, S. T., & Rohmadi, M. 2018. Membentuk Karakter Siswa SMA Melalui Karakter Religius pada Novel Mahamimpi Anak Negeri Karya Suyatna Pamungkas. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7(2), 145-152. http://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1562

Riwahyudin, Arvi. 2015. Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(1), 14

Sutarto. 2018. Pengembangan Sikap Keberagamaan Peserta Didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam vol. 2, no. 1,

Jumini, S. 2016. Problem Based Learning Berbasis Inquiry Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Kajian Pendidikan Sains. 2(1). http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v2i01

Darmaji., Kurniawan, D. A., & Suryani, A. 2019. Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines Based On Science Process Skills. Jurnal Ilmu Pendidikan fisika, 4(1), 1-7.

Suhendi. H.Y., Ramdhani. M. A.,& Iwansyah. F. S. 2018. Verification Concept of Assesment for Physics Education Student Learning Outcome. International Journal of Engineering & Technology, 7 (3.21). 321-325

Anaperta, M. 2015. Praktikalitas Handout Fisika Sma Berbasis Pendekatan Science Environment Technology And Social Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 1(2), 99-106

Jumini, S. et al. 2017. Identifikasi Miskonsepsi Fisika Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak . Jurnal Kajian Pendidikan Sains. 3(2). http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v3i2

Silaban, Bajongga. 2014. Hubungan antara penguasaan konsep fisika dan kreativitas dengan kemampuan memecahkan masalah pada materi pokok listrik statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 20(1). 65 – 75.

Guido, D. Manuel Ryan. 2013. Attitude and Motivation towards Learning Physics. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT). 2(11).

Hardiyanti, K., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. 2018. Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 5 Muaro Jambi. EduFisika, 3(02), 1–12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i02.4522

Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. 2018. Evaluasi Sikap Siswa Smp Terhadap Ipa Di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 19(1).124-139.

Astalini, Kurniawan. D. A.,& Sumaryanti. 2018. Sikap siswa terhadap pelajaran fisika di sman kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika . 3. 59-64.

Astalini, Kurniawan D.A , & Farida, L. Z. N. 2018. Deskripsi sikap siswa SMA di Batanghari berdasarkan indikator normalitas ilmuwan, adopsi dari sikap ilmiah, ketertarikan memperbanyak waktu, dan ketertarikan berkarir di bidang fisika. JRKPF UAD. 5(2), 73-80.

Maisalfa,T., Basyir, M. N., & Zuliani, H. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Religiusitas Siswa Man Rukoh Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Unsyiah. 1(1), 28-3

Pulungan, F. P., & Huamairah, W. 2018. Pengaruh Religiusitas Terhadap Perilaku Seks Pranikah Remaja Di Prodi D-Iii Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Medan. Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist), 13(2), 28-36.

Creswell, JohnW. 2012. Educational Research Planning, Conducting and evaluating quantitative dan qualitative research. Lincoln: University of Nebraska

Iskandar. 2012. Psikologi Pendidikan sebuah orientasi baru. Jakarta:Referensi

Yusuf, A Muri. 2014. Metode Penelitian kuantitatif,da kualitatif, & penelitian gabungan. Jakarta:Prenamendia Group

Gay, L.R. 2012. Educational Research Competencies for Analysis. Florida International University

Nasution, L Masnidar. 2017. Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 49-55

Jonker J dan Pennink B. 2010. The Essence of Research Methodology A Concise Guide for Master and PhD Students in Management Science. London: Springer-Verlag Berlin Heidelberg

Darius, Singpurwalla. (2017). A Handbook of statistic An overview of statistical methods. London:Bookboon The ebook company

Bintari N P, Dantes N, & Sulastri M. 2014. Korelasi Konsep Diri Dan Sikap Religiusitas Terhadap Kecenderungan Perilaku Menyimpang Dikalangan Siswa Pada Kelas Xi Sma Negeri 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling , 2(1).

Nur, C. M. 2015. Peran Keyakinan Religius Dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Akhlak Di Kalangan Masyarakat Aceh. Jurnal Mudarrisuna, 5(1).

Fahmi. M. N. & Susanto S. 2018. Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 7(2).

Hartati, Solih. 2018. Learning responding to the religious values of poetry "ketika engkau bersembahyang" by emha ainun nadjib. Jurnal Alinea, 1(2).

Widodo, Hendro. 2018. Pengembangan respect education melalui pendidikan humanis religius di sekolah. Lentera Pendidikan, 21(1)

Wardoyo. S. M. 2015. Pendidikan karakter: Membangun Jatidiri Bangsa Mnuju Generasi Emas 2045 yang Religius. Tadris:Jurnal Pendidikan Islam. Volume 10, Nomor 1.

Tiaranita, Y., Saraswati, S. D., & Nashori, F. (2017). Religiositas, Kecerdasaan Emosi, dan Tawadhu pada Mahasiswa Pascasarjana. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi. 2(2). 182 – 193. http://dx.doi.org/10.21580/pjpp.v2i2.1175

Sagita, N. & Sani, R. A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Trainingterhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokokmomentumdan Impuls SMA NEGERI 2 Percut Sei Tuan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI). 7(2). 47-52

Musdar, M. 2018. Pemetaan konsep fisika siswa kelas XI pada kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuwan (JPFK). 4(1), 36-41

Salminawati,. 2015. Etika peserta didik perspektif Islam. Jurnal Tarbiyah, 22(1).

Darmawangsa, R., Astalini, & Kurniawan, D. A. 2018. Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas terhadap Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 107-113.

Djaali. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Larson, E. Jonathon . 2009. Educational psychology: cognition and learning, individual differences and motivation. New York: Nova Science Publishers, Inc.

Kurniawan, D. A., Astalini, Susanti, A., Maison. 2018. Attitudes of College Students on the Subject of Mathematical Physics III in Physics Education Program of Jambi University. The Educational Review. 2(11), 505-513.

Astalini, A., Kurniawan, D.A., & Putri, A.D. 2018. Identification of the Attitudes of Social Implications from Science, Interest in Increasing Science Learning Time, and Career Interest in the Field of Science in Middle School Students in Muaro Jambi District. Tarbiyah Journal: Educational Scientific Journal,. Jurnal Tarbiyah, 7(2), 93-108

Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Kurniawan, W. 2019. Identifikasi Sikap Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Ilmu dan Teknologi Pendidikan 5(1), 39–48. https://doi.org/10.26858/est.v5i1.8231

Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R, & Kurniasari, D. 2018. Identification of Student Attitudes toward Physics Learning at Batanghari District High School. The Educational Review, USA. 2(9), 475-484




Copyright (c) 2020 Nurdatul Jannah, Anna Farlina, ni Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait