PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SAINS SISWA SD

Astuti Mahardika, M. Minan Chusni, Galih Istiningsih
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v2i2.12

Abstract


Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan pembelajaran IPA berbasis proyek mampu meningkatkan aktivitas sains siswa. (2) Mengetahui besar peningkatan aktivitas sains siswa setelah menerapkan pembelajaran IPA berbasis proyek.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Adapun langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang diambil adalah kelas V SD Negeri Girirejo 2, Tempuran, Magelang. Pada saat berlangsungnya penelitian dilakukan pengamatan terhadap aktivitas sains siswa dan penguasaan konsep siswa, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan digunakan sebagai ukuran keberhasilan proses dan keberhasilan produk.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diungkapkan di bagian depan disimpulkan bahwa : (1) Melalui implementasi model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas sains siswa kelas V SD Negeri Girirejo 2 Tempuran, sehingga mampu memperbaiki serta meningkatkan kualitas pembelajaran tentang sistem pencernaan makanan pada manusia. (2) Rata-rata hasil penilaian aktivitas sains siswa kelas V SD Negeri Girirejo 2 Tempuran sebesar 86,9 pada siklus I dan 86,3 pada silus II.

Kata kunci : pembelajaran ipa berbasis proyek, PBL, aktivitas sains

Keywords


pembelajaran ipa berbasis proyek; PBL; aktivitas sains

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2017 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains



Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait