INTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN SAINS (BIOLOGI) BERDASARKAN PEMIKIRAN IAN G. BARBOUR
Abstract
Agama memiliki peran penting dalam sains, salah satunya mengingatkan bahwa sains bukan satu-satunya ilmu yang mengantarkan manusia menuju kebenaran. Pada kajian artikel ini akan membahas tentang integrasi antara agama dan sains, yang mana agama dan sains saling berhubungan satu sama lain. Barbour memetakan hubungan sains dan agama ke dalam empat tipologi, yaitu konflik, independensi, dialog, dan integrasi.Sainsdanagamadikatakansalingberintegrasiketikakeduanyasalingbertumpupadasuatukeyakinanbahwapadadasarnyakeduanyamemilikitelaah,rancangan,dantujuannyasama.Integrasi dalam agama dan sains merupakan upaya memadukan antara keduanya. Metode yang digunakan dalam pembuatan artikel ini merupakan metode kajian pustaka, yang dilakukan dengancaramengumpulkandatapustaka,membaca,mencatatdanmengolahbahanpenelitian. Hasil dari kajian artikel ini diharapkan agar semuanya mampu mengintegrasikan antara ilmu agama dan ilmu sains, salah satunya Al-Qur’an bisa dijadikan rujukan dalam menerangkan teori-teori sains seperti Biologi.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Z. (2008). Model-Model Relasi Agama Dan Sains. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 5(2). https://doi.org/10.18860/psi.v0i0.353
Arifullah, M. (2006). Hubungan Sains dan Agama. Kontekstualita, 21(1).
Haviz, M. (2016). Konsep Dasar Embriologi: Tinjauan Teoretis. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 6(1), 96–101. https://doi.org/10.31958/JS.V6I1.108
Ikhwani. (2014). Proses Kejadian Manusia Menurut Al-Qur’an. Jipsa, 14(I), 1–8.
Minarno, E. B. (2017). Integrasi Sains-Islam dan Implementasinya. 18–19.
Muhajir. (2016). Jasmani Manusia Dalam Perspektif Islam. Jurnal Qathruna, 3(1), 1–19.
Santalia, I. (2015). THE RELATIONSHIP BETWEEN RELIGION AND SCIENCE Critical Studies on Ian G. Barbour’s Theory.
Subagiya, B., Hafidhuddin, D., & Alim, A. (2018). Internalisasi Nilai Penciptaan Manusia Dalam Al-Qur’an Dalam Pengajaran Sains Biologi. 11(2), 1–12.
Supriyadi. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476
Warisin, K. (2018). Relasi Sains dan Agama Perspektif Ian G. Barbour dan Armahedi Mazhar. 1(1), 29–38.
Waston. (2014). Hubungan sains dan agama: Refleksi filosofis atas pemikiran Ian G. Barbour. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, 15(1), 76–89.
Copyright (c) 2020 Ainul Yaqin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |