Sikap dan Motivasi pada Mata Pelajaran Fisika

Rahmat Perdana, Cahyono Subiyantoro, Lika Anggraini
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v5i2.102

Abstract


Sikap sangat penting pada pembelajaran abad 21 sekarang, oleh karena itu, penelitini memeiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubunga amotivasi dan sikap siswa pada pelajaran fisika di sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional, sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 97 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah sikap yang dimiliki siswa sekolah menengah atas memiliki kategori baik, yang dapat kita lihat dari indikator adopsi dari sikap ilmiah, dimana, jika siswa memiliki sikap dalam ilmiah, maka dia kan menyenangi pembelajaran yang berkaitan dengan ilmiah, salah satu contohnya adalah fisika, dan motivasi yang dimiliki oleh siswa tersebut juga dikategori baik, hal ini diperkut dengan hasil korelasi yang telah didapatkan yaitu sebesar 0.624 dan memiliki hubungan yang positif. Maka dari itu penting bagi para guru dan sekolah untuk menanamkan pembelajaran sikap kepada siswanya.

Keywords


Sikap; Motivasi; Fisika, Siswa

References


. Ainley, M. A. (2011). A Cultural Perspective on the Structure of Student Interest in Science. International Journal of Science Education, 51-71.

. Alimen, Rolando A. 2008. Attitude toward Physics and Physics Performance, Theories of Learning, and Prospects in Teaching Physics. Liceo Journal of Higher Education Research, Vol. 6 No. 1 :301-320.

. Arslan, N. I. (2015). High school students’ educational and career interest (science–technology– mathematics) and career adaptabilities. Australian Council for Educational Research, 166-172.

. Asih, D, A, P. (2017). Pengaruh Pengguna Fasilitas Belajar di Lingkungan Alam Sekitar Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Formatif, 7(1): 13-21.

. Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika Di Sman Kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2), 59-64

. Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Nurfarida, L. Z. (2018). Deskripsi sikap siswa SMA di Batanghari berdasarkan indikator normalitas ilmuwan, adopsi dari sikap ilmiah, ketertarikan memperbanyak waktu, dan ketertarikan berkarir di bidang fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika. 5(2), 73-80.

. Astalini, A., Maison, M., Ikhlas, M., & Kurniawan, D. A. (2018). The Development Of Students Attitude Instrument Towards Mathematics Physics Class. Edusains, 10(1). 46-52.

. Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir Dibidang IPA Siswa SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 7(2), 93-108.

. Astalini, A., Kurniawan, D. A., Sari, D. K., & Kurniawan, D. (2019). Description of Scientific Normality, Attitudes of Investigation and Interested Career On Physics in Senior High School. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 4(1),

. Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D, A., & Destianti, A. (2019). Description of the Dimensions Attitudes towards Science in Junior High School at Muaro Jambi. International Journal of Science: Basic and Applied Research (IJSBAR). 47(1), 1-11.

. Boyuk, Hasan Kaya ve Ugur. 2013. Attitude towards Physics Lessons and Physical Experiments Of the High School Students.European Journal of Physics Education Vol.2, No. 1:23-31.

. Casuarina, Cut, A. Halim, dan Muhammad Syukri. 2017. Minat, Sikap dan Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Fisika ditijau dari Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, Vol.2, No. 2: 247-252.

. Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods In Education : Routledge.

. Cresswel, John W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative And Qualitative Research. New York: Pearson

. Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Irdianti. (2019). Physics education students’ science process skills. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(2), 293-298.

. Darmaji, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., & Irdianti. (2018). Description of Science Process Skills’ Physics Education Students at Jambi University in Temperature and Heat Materials. The Educational Review, USA, 2(9), 485-498.

. Darmaji., Astalini., Maison., Kurniawan, D. A., & Rahayu, A. (2018). Development Physics Practical Guided Based On Science Process Skill Using Problem Solving. Edusains. 10(1), 83-96

. Darmaji, Kurniawan, D. A., Suryani, A., & Lestari, A. (2018). An Identification of Physics Pre-Service Teachers' Science Process Skills Through Science Process Skills-Based Practicum Guidebook. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 7(2), 239-245

. Darmawangsa, R., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2018). Pengembangan instrument sikap siswa sekolah menengah atas terhadap mata pelajaran fisika. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 107-114.

. Dasmo, (2010). Pengaruh Sikap Mahasiswa pada Fisika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar Mahasiswa. Jurnal ilmiah factor exacta, vol.3 no. 2: 136-144.

. Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.

. Dimiyati, dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

. Erdemir, Naki. 2009. Determining Students’ Attitude towards Physics through Problem-Solving Strategy. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, Vol. 10, No. 2: 1-19.

. Erdogan, Sezen Camci. 2017. Science Teaching Attitudes and Scientific Attitudes of Pre-service Teachers of Gifted Students. Journal of Education and Practice, Vol.8 (6), p. 164-170.

. Gall.D.M et al. (2003). Education Research an introduction seventh edition. USA : Pearson Education.Inc

. Giancoli, D. C. (2014). Mata Pelajaran Fisika : Prinsip dan Aplikasi Edisi ke 7Jilid 1., Jakarta: Erlangga.

. Guido, R. M. (2013). Attitude and Motivation towards Learning Physics. International Journal of Engineering Research & Technology, 2(11): 2087-2094. https://doi.org/10.1093/nar/gkn1085.

. Hardiyanti, K., Astalini, A., & Kurniawan, D. A. (2018). Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 5 Muaro Jambi. Edu Fisika: Jurnal Pendidikan Fisika. 3(2), 1-12.

. Higgins, E. T & Kruglanski, A, W. (2000). Motivational Science Social and Personality Perspectives. USA: Taylor & Francis.

. Ibeh G.F., Onah D.U., Umahi A.E., Ugwuonah F.C., Nnachi N.O., & Ekpe J.E. 2013. Strategies to Improve Attitude of Secondary School Students towards Physics for Sustainable Technological Developmentin Abakaliki L.G.A, Ebonyi-Nigeria. Journal of Sustainable Development Studie, Vol. 3, No.2: 127-135.

. Kerlinger, F. N. (2014). Foundations of behavioral research. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

. Khine, Myint Swe. 2015. Attitude Measurements in Science Education: Classic and Contemporary Approaches. USA: Age Publishing Inc.

. Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Sari, D. K. (2018). An evaluation analysis of students’ attitude towards physics learning at senior high school. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 23(1),

. Kurniawan, D, A., Astalini., & Anggraini,L. (2018). Evaluasi Sikap SMP Terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran. 19(1), 124-139.

. Maison, M., Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Yuniyarsih, S. (2018). Student's Attitude Description Toward Physics On Secondary School. Edusains, 10(1), 160-167

. Mbajiorgu, Ngozi dan Norman Reid. 2006. Factors Influencing Curriculum Development in higher Education Physics. England: HEA Physical Science Centre.

. Mukhopadhyay, R. (2014). Scientific attitude–some psychometric considerations. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) OSR-JHSS, 19, 98-100.

. Olasimb, O. O., Rotimi C.O. 2012. Attitudes of Students towards the Study of Physics in College of Education Ikere Ekiti, Ekiti State, Nigeria. American International Journal of Contemporary Research, Vol.2, No. 12: 86-89.

. Rawatee Maharaj-Sharma, A. S. (2017). Using Ict In Secondary School Science Teaching – What Students And Teachers In Trinidad And Tobago Say. European Journal of Education Studies , 197-211.

. Siswanto. 2017. Penilaian dan Pengukuran Sikap dan Hasil Belajar Peserta Didik. Klaten:Bosscript.

. Trumper, Ricardo. 2006. Factors Affecting Junior High School Students’ Interest in Physics. Journal of Science Education and Technology, Vol. 15, No. 1, p.47-58.




Copyright (c) 2019 Rahmat Perdana, Cahyono Subiyantoro, Lika Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait