IMPLEMENTASI METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VIIA SMP N 3 Garung semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran IPA melalui Implementasi Metode Inquiry. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam upaya meningkatkan pengelolaan proses pembelajaran melalui Implementasi Metode Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang masing-masing siklus meliputi planning, acting, observing dan reflecting. Dari hasil penelitian, pada siklus 1 hasil belajar peserta didik belum sesuai dengan indikator karena peserta didik belum terlatih untuk menemukan atau meneliti. Dari hasil tes ulangan harian yang diperoleh dari pra siklus sampai siklus 2 terdapat perubahan perolehan nilai pada peserta didik yaitu pada awal (pra siklus) dari 39 siswa, yang tuntas hanya 29 siswa (74,4%), kemudian pada siklus 1 sudah meningkat yaitu menjadi 34 siswa (87,2%) dan pada siklus ke 2 yang tuntas 37 siswa (94,9%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.

Kata kunci : Inquiry, hasil belajar

Keywords


Inquiry; hasil belajar

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2017 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains



Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait